Etika Bisnis
Definisi Etika Bisnis
Etika bisnis adalah prinsip-prinsip moral yang dijadikan sebagai pedoman atau panduan untuk bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga, seluruh aspek yang berkaitan dengan bisnis tersebut dapat menjalankan bisnis sesuai dengan nilai-nilai, norma-norma, dan perilaku yang adil, baik, sehat, serta professional, baik bagi seluruh orang di dalam perusahaannya, klien, mitra kerja, pemegang saham, pelanggan dan masyarakat luas. Dalam dunia bisnis, kita pasti akan mengenal istilah etika bisnis. Banyak orang yang sangat setuju bahwa etika bisnis memang perlu dimiliki oleh setiap bisnis.
Salah satu prinsip etika bisnis adalah menjadikan bisnis menjadi suatu kegiatan yang beretika, sehingga dapat berjalan seiring dengan kaidah-kaidah etika, hukum dan peraturan yang berlaku. Dalam banyak hal, norma-norma dan kaidah etika yang berlaku tidak hanya baik untuk diterapkan pada bisnis, namun juga membantu kita untuk bertanggung jawab dan berperilaku baik pada masyarakat. Itulah mengapa etika bisnis dan tanggung jawab sosial selalu berjalan beriringan.
Selain itu, etika bisnis dan profesi juga memiliki kaitan yang erat satu sama lain. Mengapa demikian? Karena etika bisnis dapat dijadikan sebagai pedoman yang sama untuk diterapkan pada individu dalam bekerja dan berperilaku sesuai dengan kaidah norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku di dalam tempat kerjanya. Oleh karena itu, setiap individu yang terjun ke dalam dunia bisnis atau fokus pada profesinya harus membaca dan memahami makalah etika bisnis serta materi etika bisnis yang mungkin dimiliki masing-masing organisasi dan perusahaan. Tujuannya agar individu dapat memahami etika bisnis yang diterapkan tempat kerjanya masing-masing.
Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli
Bagaimana dengan pengertian etika bisnis menurut para ahli? Para profesional mendefinisikan etika bisnis sebagai seperangkat moral yang baik dan tepat untuk dipraktikkan dalam suatu bisnis dan etika bisnis ini juga dapat menjadi pedoman kebijakan yang tepat, ketika kita harus mempertimbangkan topik-topik bisnis yang sekiranya dapat menjadi kontroversial.
Menurut Kirk O. Hanson, seorang pakar etika yang sangat terkenal dan juga merangkap sebagai Direktur Eksekutif di Markkula Center for Applied Ethics menyatakan pendapatnya tentang pengertian etika bisnis. Bagi Hanson, etika bisnis bukan sekedar seperangkat moral yang menjadi pedoman untuk sebuah bisnis, namun etika bisnis dapat menjadi sebuah studi tentang standar perilaku bisnis yang mempromosikan kesejahteraan manusia dan kebaikan.
Tujuan Etika Bisnis
Seringkali etika bisnis dipandu oleh hukum, sehingga dapat berjalan secara beriringan. Meskipun begitu, ada beberapa organisasi yang lebih memilih untuk beroperasi secara etis untuk mendapatkan penerimaan dari masyarakat. Salah satu tujuan etika bisnis yang paling utama adalah membantu membangun tingkat kepercayaan yang lebih tinggi antara para pemangku kepentingan dalam suatu organisasi dan para konsumen.
Ada beberapa tujuan penting lainnya yang akan kita dapatkan ketika menerapkan etika bisnis, yaitu sebagai berikut ini:
1. Tujuan Etika Bisnis dalam Tingkat Pribadi (Personal).
Pada tingkat pribadi, etika bisnis diterapkan dengan tujuan untuk tidak menyalahgunakan properti orang lain. Selain itu, ini juga bertujuan agar organisasi atau perusahaan akan menepati janji dalam memperluas manfaat bisnis mereka kepada masyarakat sekitar dan tidak mencari keuntungan yang instan dengan melanggar norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku.
2. Tujuan Etika Bisnis dalam Tingkat Kebijakan Internal Organisasi.
Pada tingkatan ini, etika bisnis membantu organisasi atau perusahaan untuk mempraktikkan bisnis mereka secara adil, terutama dalam berurusan dengan karyawan dan para pemangku kepentingan lainnya. Selain itu, etika bisnis juga bertujuan untuk membantu organisasi dan perusahaan dalam memiliki komunikasi yang terbuka dan lebih baik di semua tingkatan. Dengan komunikasi yang terjalin dengan baik, para karyawan akan terdorong untuk memberikan produktivitas yang lebih baik dan mau menjalani segala kebijakan internal yang berlaku.
3. Tujuan Etika Bisnis dalam Tingkat Sosial.
Tujuan ketiga dalam etika bisnis adalah membantu organisasi atau perusahaan untuk memiliki tingkat kepedulian sosial yang tinggi, sehingga ini menjadi perhatian utama bagi organisasi bisnis. Beberapa contoh dari tujuan etika bisnis ini seperti, menjaga lingkungan agar tetap bersih, berhati-hati dalam menggunakan sumber daya alam yang langka dan memastikan kualitas hidup yang lebih baik bagi masyarakat dan orang-orang penting yang terlibat.
4. Tujuan Etika Bisnis dalam Tingkat Pemangku Kepentingan.
Memiliki serta menerapkan etika bisnis juga bertujuan untuk menjaga hubungan kita dengan para pemangku kepentingan seperti, pemegang saham, pelanggan, pemasok barang, karyawan, bank dan lembaga keuangan, pemerintah dan semua pihak lain yang terhubung dengan organisasi atau perusahaan kita.
Contoh Etika Bisnis
Setelah menyimak definisi dan tujuan dari etika bisnis, kini saatnya kami mengajak rekan-rekan pembaca untuk mengenal beberapa contoh etika bisnis, yaitu sebagai berikut ini:
1. Menjaga data-data privasi yang bersifat sangat rahasia yang dimiliki oleh klien, mitra bisnis dan pelanggan.
2. Memenuhi permintaan klien dan mitra bisnis yang telah disepakati dalam perjanjian kerja atau kontrak.
3. Bersikap sopan dan baik terhadap orang-orang yang terlibat dengan bisnis kita seperti, klien, mitra bisnis, pelanggan, karyawan dan publik, serta
4. Tidak merusak alam dan lingkungan sekitar sesuai dengan perjanjian hukum yang telah disepakati.
Comments
Post a Comment